Selasa, 16 April 2013

4 Negara dengan Usia Terpendek

1. Carpatho - Ukraina

Sekarang negara ini menjadi wilayah Ukraina. Usia negara ini kurang dari 24 jam, tepatnya pada tanggal 15 Maret 1939 - 16 Maret 1939. Carphato - Ukraina adalah daerah otonomi di Cekoslavia sejak akhir 1938 hingga 1939. Menyusul pendudukan Jerman di Sudetenland (Cekoslavia), negara Cekoslavia pun runtuh. Slovakia mendeklarasikan kemerdekaannya. Sementara Carphato - Ukraina juga tidak mau ketinggalan. Mereka mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 Maret 1939. Pemerintahan segera disusun, dengan Avhustyn Ivanovych Voloshyn sebagai presiden dan Yulian Revay sebagai Perdana Menteri.
Namun deklarasi ini mengundang amarah Hungaria, negara yang bertetangga dengan Carphato - Ukraina. Pada tanggal 15 itu juga, pasukan Hungaria menyerbu Carphato - Ukraina dan berhasil menduduki ibukota Carphato - Ukraina, keesokan harinya tanpa kesulitan yang berarti Negara Carphato - Ukraina resmi dibubarkan.


2. Republic of Connaught atau Republik Connaught

Negara ini sekarang telah menjadi bagian dari Irlandia. Masa pemerintahan Republik Connaught hanya 13 hari, sejak tanggal 27 Agustus 1798 - 8 September 1798. Republik Connaught adalah negara pecahan Irlandia yang didirikan untuk menjadi negara satelit Prancis, menyusul Pemberontakan Irlandia pada tahu 1798 yang menentang kekuasaan Inggris di Irlandia. Dipimpin oleh Jendral Humbert, seorang jenderal Prancis, proklamasi kemerdekaan Connaught dibacakan ketika ia baru mendarat di County Mayo, Irlandia dalam rangka membantu pemberontak Irlandia.
Sempat menang perang melawan Inggris dalam pertempuran Castlebar pada 27 Agustus 1798, pemerintahannya didirikan pada tanggal 31 Agustus dengan John Moore sebagai presidennya. Pada tanggal 8 September pasukan Connaught - Prancis dikalahkan pasukan Inggris pada pertempuran Ballinamuck, pertempuran yang menyegel nasib Connaught dan pasukan ekspedisi Prancis. Negara ini pun runtuh.


3. Bavarian Soviet Republic atau Republik Soviet Bavaria

 Negara ini sekarang bergabung denagan Jerman. Usia negara ini tidak lebih dari 1 bulan, tepatnya hanya 28 hari. Masa pemerintahannya dari 6 April - 3 Mei 1919. Negara ini didirikan sebagai bagian dari revolusi Jerman, pada tahun 1918 - 1919. Memanfaatkan kekacauan politik di Jerman setelah mereka kalah Perang Dunia I, kaum komunis di selatan Jerman (partai USPD) mendeklarasikan Bavaria sebagai "negara bebas" - deklarasi yang mengakhiri pemerintahan dinasti Wittelsbach yang sudah memerintah Bavaria selama 700 tahun.
Namun negara Bavaria sendiri sulit untuk menstabilkan wilayahnya sendiri. Hingga akhirnya pada Mei 1919, tentara pemerintah Weimar (Republik baru Jerman) menaklukkan Bavaria dan ratusan kaum komunis dihukum. Negara ini pun runtuh.


4. Labin Republic atau Republik Labin

Kini Republik Labin menjadi bagian dari Kroasia. Umur negara ini hanya 38 hari, dan masa pemerintahannya sejak 2 Maret 1921 - 8 April 1921.
Republik Labin didirikan oleh para penambang di kota Labin, provinsi Istria, Italia (pada waktu itu wilayah Istria masuk dalam teritori kerajaan Italia). Pada tahun 1921, para penambang itu menolak rezim vasis yang waktu itu menguasai Italia. Mereka menduduki kota Labin, mendirikan pemerintahan sendiri yang sempat berjalan selama 38 hari sebelum dihancurkan oleh pasukan Italia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar