Kamis, 31 Oktober 2013

Vitamin Larut Lemak

1.        Vitamin A
a.         Sumber
·           Sayuran hijau tua, seperti : kangkung, bayam dan katuk.
·           Buah-buahan:  buah apel, buah pisang, buah pepaya, buah kesemek, buah strawberry, cabai merah.
·           Biji-bijian, seperti: pada kacang merah dan kacang ercis.
·           Umbi-umbian: wortel, terong, labu kuning, semanggi, daun genjer, kacang panjang, rumput laut.
·           Sumber hewani: minyak ikan, susu, keju, hati, dan telur.
b.         Kekurangan
Akibat kekurangan vitamin A terhadap mata antara lain buta senja, selaput conjuctiva mengering, bitot spot pada conjunctiva, mata kering. Terhadap kulit antara lain kulit mengering, kulit kasar. Terhadap darah antara lain kadar vitamin A berkurang,  dan pertumbuhan terganggu.

c.         Kelebihan
Akibat kelebihan  (ekses) Vitamin A bisa menyebabkan keracunan dengan tanda-tanda sebagai berikut antara lain cepat lelah, rambut rontok, kulit kasar, mual dan muntah, serta pusing.
d.        Fungsi
1)      Membantu proses penglihatan dengan menghasilkan rodopsin
2)      Membentuk metabolisme protein
3)      Membantu pembentkan kembali se-sel tubuh
e.         Sifat
Vitamin A adalah kristal alkohol yang dalam bentuk aslinya berwarna putih dan larut dalam lemak atau pelarut lemak. Dalam makanan vitamin A biasanya terdapat dalam bentuk ester retenil, yaitu terikat pada asam lemak rantai panjang.  Rumus Kimia dari Vitamin A adalah C20H30O dan mempunyai berat molekul 286.456 g/mol .
2.        Vitamin D
a.       Sumber
Sumber vitamin D yang paling utama dapat diperoleh dari sinar matahari dan dari berbagai makanan berikut ini yaitu sayuran hijau, jeruk, strawberry, tomat yang juga kaya likopen, brokoli, minyak ikan cod, salmon dan mackerel, ikan tuna dan sardines, sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D, telur, termasuk kuning telurnya dan margarin yang telah diperkaya dengan vitamin.
b.      Kekurangan
Akibat kekurangan (defisiensi)  Vitamin D antara lain penyakit rakhitis pada anak-anak, osteomalacia pada orang dewasa, hypoplasia dan kerusakan gigi geligi, rakhitis dan osteomalacia di daerah tropik, tetani dikarenakan serum Ca rendah sehingga kejang-kejang dan gangguan parathyroid.
c.       Kelebihan
Akibat kelebihan (ekses) Vitamin  D hanya dialami oleh anak-anak dengan gejala antara lain muntah-muntah, sering kencing dan mencret, neuralgia (nyeri syaraf urat), sakit kepala dan pusing-pusing, rasa sakit pada gigi dan gusi, rasa sakit pada otot-otot dan tulang.
d.      Fungsi
1)      Membantu absorsi Ca dan P dari usus halus
2)      Membantu transpor Ca dalam  sel
3)      Pembentukan tulang dan gigi dalam bersama-sama Ca dan P
4)      Menjaga keseimbangan Ca dan P
e.       Sifat
Vitamin D adalah nama generik dari dua molekul, yaitu ergokalsiderol (Vitamin D2) dan Kolekalsiferol (Vitamin D3). Prekursor vitamin D hadir dalam fraksi sterol dalam jaringan hewan (diw\bawah kulit) dan tumbuh-tumbuhanberturut-turut dalam bentuk 7-dehidrokolesterol dan ergosterol. Keduanya membutuhkan  radiasai sinar ultraviolet untik mengubahnya ke dalam bentuk provitamin D2 (ergokalsiderol) dan D3 (Kolekalsiferol). Adapun rumus kimia dari vitamin D ini adalah C22H44O.
3.        Vitamin E
a.       Sumber
Vitamin E terdapat pada sayur-sayuran terutama kecambah, minyak gandum, almond, biji bunga matahari, minyak bunga matahari, kacang tanah dan mentega kacang, minyak jagung, bayam, brokoli, minyak kedelai, kiwi, mangga, susu, mentega, telur, selada, buncis dan ubi jalar.
b.      Kekurangan
1)      Kekurangan yang ekstrem dapat menyebabkan jangka hidup butir darah merah menjadi lebih pendek, yaitu hanya 110 hari dibandingkan 123 hari pada kondisi normal.
2)      Dapat mengakibatkan kegagalan mempunyai anak
3)      Pada wanita hamil akan menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan bayi yang lahir relatif rendah.
c.       Kelebihan
Akibat kelebihan (ekses) Vitamin  E tidak ditunjukkan oleh semua manusia, tetapi ada individu yang menunjukkan gejala keracunan yang ditandai degan rasa mual.
d.      Fungsi
1)      Dapat mencegah oksidasi vitmain A dan karoten dalam usus halus.
2)      Berpengaruh pada proses reproduksi atau kesanggupan unutk memperolhe keturunan.
3)      Dapat membantu menutupnya luka,karena mempengaruhi pembentukan prothrombin di dalam hati.
4)      Merupakan obat mujarab bagi gangguan mentruasi.
5)      Mencegah keguguran.
6)      Meningkatkan reproduksi air susu.
7)      Dapat membantu  memperpanjang usia manusia
e.       Sifat
Vitamin E tidak berbau dan tidak berwarna, sedangkan vitamin E sintetik yang dijual secara komersial biasanya berwarna kuning muda hingga kecoklatan. Vitamin E larut dalam lemak dan dalam sebagian besar pelarut organik, teptai tidak larut dalam  air. Adapun rumus kimia dari  vitamin E (tokoferol=antisterilitas) adalah C29H50O2.
4.        Vitamin K
a.       Sumber
1)      Sayuran hijau:  asparagus, brokoli, kale, sawi, bayam, kangkung, katuk dan kubis.
2)      Minuman sehat: seperti susu sapi, susu kedelai, teh hijau, wedang kacang hijau.
3)      Makanan probiotik yang memiliki kandungan bakteri sehat aktif: yoghurt.
b.      Kekurangan
Akibat kekurangan (defisiensi)  vitamin K adalah tidak dapat dibentuknya prothrombin oleh hati, sehingga darah sulit membeku jika mengelami luka. Tetapi kekurangan ini tidak lazim terjadi, karena vitamin \k terdapat secara luas dalam makanan

c.       Kelebihan
Kelebihan (ekses) Vitamin  K diberikan dalam entuk berlebihan nberupa vitaminK sintetik menadion. Gejala vitmain \k adalah hemolisis sel darah merah, sakit jantung (jaundice) dan kerusakan pada otak.
d.      Fungsi
1)      Membantu pembentukan prothrombin dan zat pembeku darah lainnya.
2)      Sebagai kofaktor dalam pembentukan carboxy glutamic acid dari glutamic acid.
e.       Sifat

Vitamin K adalah vitamin yang cukup tahan terhadap panas, vitamin ini juga tidak mudah rusak oleh cara memasak bisa, termasuk cara memasak menggunakan air. Vitamin K tidak tahan terhadap alkali dan cahaya. Adapun rumus kimia ndari vitamin K adalah C31H46O2.





Untuk vitamin larut air dapat dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar